Kontoversi Iklan Politik
Jurus jitu para pasangan capres-cawapres sudah dbanyak diluncurkan di media massa, utamanya televisi.
Padahal masa kampanye masih belum diputuskan, tapi mereka menginvasi media-media massa. Apakah itu bukan termasuk pelanggaran??
Daripada meributkan masalah iklan politik SBY yang pakai jingle mie instan, seharusnya kita lebih kritis lagi.
Memang siapa-siapa yang maju di bursa capres & cawapres sudah resmi diumumkan. Namun, pertanyaan selanjutnya apakah mereka sudah boleh mulai tebar pesona sebelum masa kampanye tiba. Terlebih lagi mereka menggunakan media massa yang bebas dikonsumsi oleh publik.
Tebar pesona boleh saja, tapi perlu diingat unsur pendidikan politik lewat iklan yang dikonsumsi masyarakat. Mengingat salah satu fungsi media massa adalah sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa kita ini (pendidikan).
Kelemahan orang-orang kita (pasangan capres-cawapres) hanya memanfaatkan media massa untuk saling menyombongkan diri.
Nah, harusnya mereka sadar sebelum membuat konsep iklan politik mereka. Terutama dalam hal dampak & manfaat bagi masyarakat luas selain mementingkan kepentingan mereka sendiri.
Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah bukan kemasan suatu iklan politik yang penting. Namun bagaimana penyampaian isi pesan yang bermutu & bermanfaat kepada publik itu jauh lebih penting.
Pendidikan politik tidak harus diterima di bangku sekolah, melalui media massa pun kita bisa mendapatkan pendidikan tersebut.
Padahal masa kampanye masih belum diputuskan, tapi mereka menginvasi media-media massa. Apakah itu bukan termasuk pelanggaran??
Daripada meributkan masalah iklan politik SBY yang pakai jingle mie instan, seharusnya kita lebih kritis lagi.
Memang siapa-siapa yang maju di bursa capres & cawapres sudah resmi diumumkan. Namun, pertanyaan selanjutnya apakah mereka sudah boleh mulai tebar pesona sebelum masa kampanye tiba. Terlebih lagi mereka menggunakan media massa yang bebas dikonsumsi oleh publik.
Tebar pesona boleh saja, tapi perlu diingat unsur pendidikan politik lewat iklan yang dikonsumsi masyarakat. Mengingat salah satu fungsi media massa adalah sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa kita ini (pendidikan).
Kelemahan orang-orang kita (pasangan capres-cawapres) hanya memanfaatkan media massa untuk saling menyombongkan diri.
Nah, harusnya mereka sadar sebelum membuat konsep iklan politik mereka. Terutama dalam hal dampak & manfaat bagi masyarakat luas selain mementingkan kepentingan mereka sendiri.
Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah bukan kemasan suatu iklan politik yang penting. Namun bagaimana penyampaian isi pesan yang bermutu & bermanfaat kepada publik itu jauh lebih penting.
Pendidikan politik tidak harus diterima di bangku sekolah, melalui media massa pun kita bisa mendapatkan pendidikan tersebut.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home